KUMPULAN RESEP MASAKAN

Wednesday 9 March 2016

Resep Puding Susu Murni Mozaik dari Nurtijell

Resep Puding Susu Mozaik - Puding putih bercorak mozaik yang terbuat dari agar-agar nutrijell warna-warni, adalah sebuah kreasi cara membuat puding susu sederhana yang enak dan sangat segar di mulut. Sedap dipandang dan lezat disantap, perpaduannya menjadikan puding yang juga terbuat dari susu murni ini sangat digemari semua usia termasuk untuk anak-anak.

Puding mozaik tanpa santan, bertekstur lembut karena pemakaian susu, baik susu murni atau susu cair maupun susu bubuk dan kental manis yang dicairkan. Puding susu mozaik cukup unik dan menarik untuk dijadikan menu arisan, tasyakuran atau acara-acara hajatan spesial lainnya.

Resep Cara Membuat Puding Susu Sutra Mozaik
Agar-agar nutrijell sebenarnya memiliki banyak varian rasa dan warna, akan tetapi apabila menggunakan bermacam rasa maka akan sulit untuk membagi adonannya. Maka gunakan nutrijell plain (bening), lalu diberi pasta atau pewarna makanan untuk menghasilkan corak beragam warna.

Bahan Puding Mozaik Warna-warni
Dikatakan puding sederhana karena tidak banyak bahan yang digunakan, akan tetapi hasilnya akan memikat mata memandang dan cita rasanya bikin nagih. Berikut bahan-bahan serta tahapan cara membuatnya di bawah ini.
  • 1 bungkus - agar-agar nutrijel plain
  • 500 ml - susu murni
  • 150 gram - gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sachet - vanili
  • Pasta atau pewarna sesuai selera
    Bahan Puding Susu Nutrijell
    • 600 ml - susu murni
    • 2 bungkus - agar-agar nutrijel plain
    • 150 gram - gula pasir
    • 1 sachet - vanili
    Cara Membuat Puding Agar-agar Warna-warni
    1. Campur agar-agar, vanila, susu dan gula pasir dan masak sambil terus diaduk hingga tercampur dan mendidih.
    2. Bagi adonan menjadi 5 bagian sama rata, kasih pewarna yang diinginkan, boleh kuning, hijau, merah, coklat, dan lain sebagainya. Biarkan hingga puding dingin mengeras kemudian potong dadu, sisihkan.
    Cara Membuat Bahan Puding Susu
    1. Siapkan panci, campur agar-agar, gula pasir, vanili dan susu murni, masak sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata serta mendidih.
    2. Matikan api dan biarkan sejenak supaya uap panasnya hilang, lalu segera dituang ke dalam cetakan, caranya seperti di bawah ini.
    Cara Membuat Puding Susu Mozaik
    1. Basahi cetakan puding dengan air supaya puding tidak melekat, letakkan potongan puding warna-warni secara acak pada dasar cetakan.
    2. Tuang puding susu secara perlahan-lahan di atasnya, diamkan sebentar supaya suhunya menjadi normal, baru kemudian masukan ke dalam lemari pendingin (kulkas) hingga puding mengeras, minimal 30 menit.
    3. Tempelkan cetakan puding di piring saji lalu balikkan, angkat dan lepaskan puding dari cetakan, potong-potong puding susu mozaik dan siap untuk disajikan.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Resep Puding Susu Murni Mozaik dari Nurtijell

    0 comments:

    Post a Comment