KUMPULAN RESEP MASAKAN

Friday 26 June 2015

Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Kulit Lumpia

Resep Martabak Telur Mini - Siapa yang tak suka dengan kelezatan martabak telor, perpaduan antara kulit luar yang keriuk serta gurihnya isian yang menggoyang lidah. Apalagi jika disantap selagi hangat bersama dengan cabe rawit, mmm.. membayangkannya saja sudah ngiler. Dan ternyata, cara membuat martabak telor itu sebenarnya mudah lho. Simak terus ya!

Jika melihat cara membuat martabak telur dari abang-abang yang jualan, sepertinya sangatlah lihai dan berpengalaman. Pernah suatu ketika saya berpikir, bisakah saya mencoba membuatnya di rumah? Jika memperhatikan tukang martabak saat membuatnya sepertinya sulit dan memerlukan keahlian khusus, tapi jika melihat bahan-bahan yang digunakan sepertinya cukup mudah untuk ditiru.

Akhirnya terpikir dan muncullah ide, kenapa tidak membuat versi mini saja? Kita bisa membuat martabak telor mini dengan bahan yang sama atau dengan kreasi tersendiri dengan cara yang lebih mudah. Resep martabak telor bisa kita variasikan sesuai selera, yang penting kan rasa yang akan kita dapatkan, soal ukuran itu tidak masalah.

Resep Martabak Telur Mini Kulit Lumpia

resep martabak telur, cara membuat martabak telur
sumber gambar : simomot.com
Ternyata cara membuat martabak telur mini tidak sesulit yang saya bayangkan, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit diperoleh. Jika abang-abang membuat mertabak telor dengan bahan kulit khusus yang dibanting-banting terus dilebarkan dengan cara yang atraktif, kita bisa menggunakan kulit lumpia sebagai gantinya. Berikut ini semua bahan yang perlu kita persiapkan untuk resep martabak telur mini beserta cara membuatnya.

Bahan-bahan Resep Martabak Telur Mini

  1. 250 gr daging ayam filet, cincang halus
  2. 100 gr bawang bombay, cincang
  3. 6 btr telur itik/bebek
  4. 5 btg daun bawang ukuran besar, iris halus
  5. 10 btr cabai rawit, iris (opsional)
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 1 sdt bumbu kari instan
  8. Garam secukupnya
  9. Kulit lumpia secukupnya
  10. Margarin secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Martabak Telur Mini

  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat isian. Tumis bawang bombay yang sudah dicincang menggunakan margarin sampai harum, masukkan daging ayam dan aduk hingga berubah warna, beri garam, lada bubuk, bumbu kari dan sedikit air. Masak sambil ditutup agar bumbu meresap. Setelah matang dan air mengering, angkat dan sisihkan.
  2. Kocok lepas telur bebek, masukkan irisan daun bawang, irisan cabe rawit (opsional bagi yang suka pedas) dan tumisan ayam. Aduk rata dan beri sedikit garam.
  3. Ambil kulit lumpia dan beri isian kira-kira 1-2 sendok makan.
  4. Lipatkan pinggirannya ke tengah sehingga membentuk segi empat, sisihkan. Lakukan hingga isian habis.
  5. Goreng martabak telor mini diatas api sedang sampai matang, angkat.
  6. Sajikan martabak telor mini isi danging ayam bersama dengan cabai rawit atau saus sambal.
Mmmm mantap ya ! Apalagi disantap dalam keadaan masih hangat bersama dengan cabe rawit, pedas-pedas gurih. Ada yang ingin mencicipi ? Bikin aja sendiri, hehe. Cara membuat martabak telur mininya kan sudah kita bahas, sekarang saatnya berkreasi. Resep martabak telur mini ini sebenarnya sama dengan martabak telor biasa, hanya ukurannya saja yang lebih kecil. Selamat mencoba!

Resep Menarik Lainnya yang Wajib Dicoba

Resep Donat Kentang Lembut
Resep Kue Putri Salju Sederhana
Resep Ayam Goreng Kalasan Asli
Resep Tempe Goreng Tepung Renyah
Resep Capcay Goreng Sederhana
Resep Nasi Goreng Oriental

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Kulit Lumpia

0 comments:

Post a Comment