KUMPULAN RESEP MASAKAN

Thursday 20 August 2015

Resep dan Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana di Rumah

Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana - Es krim coklat yang begitu populer dengan berbagai merk merupakan makanan favorit banyak orang. Biarpun harga es krim coklat tidak murah, namun karena rasanya yang sangat lezat kudapan ini laris manis di pasaran. Hal tersebut taklepas dari bahan-bahan yang digunakan memang berkualitas, serta cara pembuatannya yang terbilang rumit.

Sebetulnya, cara membuat es krim coklat sederhana tidak sulit-sulit amat dan dengan cara sederhana kita bisa membuat sendiri es krim di rumah dengan peralatan seadanya. Kita tidak perlu memiliki mesin pembuat es krim karena itu harganya sangat mahal, terkecuali kita berniat untuk membuka usaha es krim di rumah.

Resep Es Krim Coklat Sederhana, Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana
es krim coklat stik
Untuk membuatnya menarik, kita akan mencoba resep es krim coklat sederhana ala pabrik dengan menggunakan stik sehingga lebih praktis dan tampilannya menarik. Peralatan yang kita butuhkan hanya cetakan agar-agar/es krim stik serta bantuan freezer untuk membekukan.
Resep Es Krim Coklat Sederhana, Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana
cetakan set es krim stik
Pada dasarnya, es krim bermerk buatan pabrik menggunakan beberapa bahan utama yang diantaranya lemak susu, perasa, pemanis, dan pengemulsi. Kita akan menggunakan whipped dairy cream cair beserta susu full cream dengan coklat sebagai perisanya.

Resep Es Krim Coklat Sederhana

Untuk membuatnya, kita terlebih dahulu harus berburu bahan-bahan yang diperlukan. Karena bahan-bahan tersbut jarang tersedia di mini market dan paling tidak kita harus mencarinya di super market terdekat atau pasar modern. Pilih bahan yang berkualitas agar harsil akhir yang didapatkan sesuai dengan keinginan. Berikut adalah bahan-bahannya.

Bahan Resep Es Krim Coklat Sederhana

  1. 500 ml whipped dairy cream
  2. 400 ml susu cair full cream
  3. 200 gr dark cooking chocolate, potong dadu
  4. 50 gr dark cooking chocolate, lelehkan
  5. 150 gr dula pasir
  6. 50 gr coklat bubuk
  7. 4 kuning telur
  8. 1/2 sdt vanili bubuk
  9. kacang cincang sebagai topping

Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana

  1. Masukkan susu cair bersama dengan vanili bubuk kedalam panci, masak dengan api kecil. Tambahkan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar coklat larut. Biarkan hingga mendidih kemudian angkat.
  2. Sementara itu, kocok kuning telur bersama dengan gula pasir hingga mengembang. Tuang sedikit demi sedikit susu yang sudah dimasak kedalam kocokan telur sambil terus diaduk. Pastikan semua bahan menyatu kemudian masak kembali didalam panci dengan api sedang hingga adonan susu telur mengental. Angkat dan sisihkan.
  3. Di panci yang lain, masak whipped dairy cream hingga mendidih, lalu masukkan dark cooking chocolate sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masak sampai coklat larut bersama dengan krim. Angkat.
  4. Tuangkan adonan susu telur kedalam campuran krim coklat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kalau perlu, gunakan mikser agar kedua adonan tercampur dengan sempurna.
  5. Ambil cetakan agar-agar/es krim stik, tuang adonan es krim kedalam cetakan.
  6. Ambil stik es krim dan letakkan di tengah-tengah lubang setiap cetakan dan posisikan sedemikian rupa agar letaknya tidak bergesar. Kita bisa menggunakan kertas karton yang di lubangi sesuai dengan letak lubang cetakan. Posisikan sedemikian rupa hingga stik es krim dapat diselipkan pada lubang karton dan letaknya berada pada bagian tengah masing-masing cetakan. Tujuannya agar stik es krim diam di tempat semestinya. Jika tidak mau repot, gunakan cetakan yang dijual satu set bersama stik plastik.
  7. Sesudah itu masukkan cetakan es krim kedalam freezer hingga adonan padat.
  8. Setelah padat dan beku, keluarkan es krim dari cetakan dan celupkan kedalam dark cooking chocolate yang telah dicarikan terlebih dahulu serta taburi dengan kacang cincang.
  9. Masukkan kembali kedalam freezer agar lapisan coklatnya mengeras.
Jika sudah mengeras, es krim coklat buatan sendiri dapat dinikmati bersama keluarga tercinta. Terutama anak-anak, mereka akan sangat menyukai es krim ini karena rasanya tak kalah lezat dengan es krim buatan pabrik ternama.

Cara membuat es krim coklat sederhana bagi pemula memang agak susah dan dibutuhkan ketelatenan, namun jika sudah terbiasa maka kita tidak akan canggung. Resep es krim coklat sederhana ini bisa kita variasikan sesuai selera seperti membuat variasi rasa lainnya, namun cara membuat dan takaran bahan tidak jauh berbeda dengan es krim coklat yang kita bahas ini. Semoga dapat memberikan inspirasi ya !

Resep Lainnya yang Menarik untuk Dicoba

Resep Kue Ape Pandan Enak Dan Mantap
Resep Kue Apem Selong Khas Surabaya
Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar
Resep Brownies Kukus Tepung Singkong
Resep Puding Pelangi Nan Cantik
Resep Asinan Buah Khas Bogor

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana di Rumah

0 comments:

Post a Comment