KUMPULAN RESEP MASAKAN

Thursday 31 December 2015

Resep Puding Pepaya Santan Susu Agar-agar Putih

Resep puding berikut ini menggunakan buah pepaya segar sebagai mozaik sekaligus mangkuk atau wadah puding agar-agar tersebut. Cara membuatnya mudah dan sederhana, selain mendapatkan puding yang lembut dan enak juga ada tambahan tekstur dan rasa buah pepaya yang segar di dalamnya. Baik agar-agar maupun pepaya memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan pencernaan, jadi tunggu apa lagi mari kita mulai membuatnya.
Resep Membuat Puding Pepaya Santan Susu Agar-agar Putih
RESEP PUDING PEPAYA SANTAN SUSU AGAR-AGAR PUTIH
Bahan-bahan:
  • Buah pepaya matang ukuran sedang.
  • 800 ml air
  • 7 gram (1 bungkus) tepung agar-agar warna putih, saya gunakan Swalow
  • 65 ml Santan kelapa kental siap pakai, saya gunakan Sun Kara
  • 40 gram (1 sachet) Susu kental manis
  • 120 gram gula pasir, atau sesuai selera (uji rasa)
Cara Membuat Puding Pepaya Santan Susu Agar-agar Putih :
  1. Kupas kulit buah pepaya dan cuci hingga bersih. Belah memanjang menjadi 2 bagian. Buang bijinya hingga bersih. Gunakan sendok cetakan cocktail untuk membentuk bulat daging bagian dalam pepaya (secukupnya dan jangan terlalu dalam hingga menembus daging bagian luar buah pepaya/bocor). hasi cetakan akan digunakan sebagai mozaik pada puding. Sisihkan hasil cetakan tadi dalam mangkuk.
  2. Larutkan air, agar-agar, santan, susu dan gula pasir dalam panci. Masak diatas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.
  3. Siapkan mangkuk/wadah dari buah pepaya yang sudah anda bentuk tadi sisa/hasil dari pengambilan daging buah untuk mozaik.
  4. Selagi panas masukan puding kedalam cekungan buah pepaya. Biarkan beberapa saat hingga puding tidak lagi mengeluarkan uap panas.
  5. Masukkan hasil cetakan cocktail buah pepaya kedalam puding secara acak/merata. Masukkan puding pepaya kedalam lemari pendingin (kulkas) hingga puding benar-benar kaku/dingin.
  6. Potong-potong dan sajikan puding pepaya santan susu dalam keadaan dingin (suhu kulkas).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Puding Pepaya Santan Susu Agar-agar Putih

0 comments:

Post a Comment