KUMPULAN RESEP MASAKAN

Tuesday 6 October 2015

Resep Sambal Terasi Tomat Hijau Spesial Pedas

Resep sambal terasi tomat hijau pedas spesial setengah matang - Apakah anda penyuka sambal? memang tak sedikit bahkan sebagian besar masyarakat nusantara menyukai makanan bercita rasa pedas. Sambal memang bukan makanan utama atau hanya sekedar pelengkap dalam sebuah hidangan, namun tidak ada sambal makan pun kurang maknyus dan nikmat bahkan untuk menu-menu tertentu sambal menjadi syarat wajib dalam penyajiannya.

Variasi olahan dari bahan dasar cabai ini terdapat bermacam cara membuatnya, baik diulek halus atau juga ditumbuk kasar bahkan ada juga yang hanya diiris-iris. Cara memasaknyanya pun bisa dibiarkan mentah atau digoreng matang. Selain itu juga bisa setengah matang pada resep sambal kali ini, dimana bahan-bahan digoreng terlebih dahulu baru kemudian diulek.

Resep Cara Membuat Sambal Terasi Tomat Hijau Spesial Pedas
Resep Sambal Terasi Tomat Hijau
Sambal dengan campuran terasi merupakan salah satu macam dari aneka sambal yang favorit karena paduan terasi bisa menghasilkan sambal yang sangat enak dan gurih. Cara membuat sambal terasi kombinasi tomat hijau bisa menjadi sajian spesial pedas yang mudah dan praktis. Sambal terasi ini cocok melengkapi berbagai hidangan seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan bakar dan lain sebagainya.

Bahan-bahan :
  • 10 buah - cabai rawit merah dicuci bersih
  • 1 buah - tomat hijau dicuci bersih lalu belah dua bagian
  • 4 butir - bawang merah dikupas kulitnya
  • 1 siung - bawang putih dikupas kulitnya
  • 1 sendok makan - terasi yang sudah diserut
  • 1 sendok makan - gula merah
  • 1 sendok teh - garam
  • 3 sendok makan - minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Sambal Terasi Tomat Hijau :
  1. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng, masukkan cabai rawit merah, tomat hijau, bawang merah, bawang putih serta terasi. Goreng hingga mengeluarkan bau wangi, goreng sampai setengah matang lalu angkat.
  2. Setelah itu letakkan semua bahan-bahan sambalnya ke dalam cobek batu (cowet), ulek-ulek dan aduk-aduk semua bahan sampai rata dan minyak yang ada dalam cabai keluar.
  3. Terakhir tambahkan gula merah dan garam lalu diulek lagi dan aduk rata, sambal siap untuk dihidangkan.
Bahan-bahan yang sangat sederhana ini namun menghasilkan sambal terasi spesial tomat hijau yang enak dan lezat tentu sangat nikmat untuk dicocolkan ke setiap makanan. Sajikan sambal favorit keluarga ditambahkan dengan lalapan di antaranya mentimun, kol, terung muda, daun kemangi dan sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sambal Terasi Tomat Hijau Spesial Pedas

0 comments:

Post a Comment