KUMPULAN RESEP MASAKAN

Wednesday 5 August 2015

Resep Kue Cucur Betawi | Resep Kue Tradisional Khas

Resep Kue Cucur Betawi | Resep Kue Tradisional Khas | Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional yang sekarang keberadaannya mulai langka dan sulit ditemukan. Kue ini memiliki tekstur kenyal dengan rasa manis yang gurih sehingga tak heran jika banyak orang yang menggemari kuliner ini.

Sebenarnya membuat kue cucur memang tergolong gampang-gampang susah, sebab takaran bahan harus tepat agar adonan kue tidak terlalu kental atau cair. Jika terlalu kental, maka tekstur kue akan menjadi keras dan bantat, begitu juga sebaliknya, jika adonan terlalu cair kue akan sulit dibentuk dan disulit pula untuk digoreng. Selain itu, supaya kue cucur dapat berserat pun harus dibutuhkan trik khusus dalam memukul adonan.
Resep Kue Cucur
Walaupun kelihatan sedikit susah, tapi semoga hal tersebut tidak menyurutkan niat anda untuk membuat Kue Cucur Khas Betawi ini ya :), sebab pada postingan kali ini blog Aneka Resep Kue akan membahas tentang "Resep dan Cara membuat Kue Cucur Khas Betawi". Penasaran? Yuk kita intip pembahsannya berikut ini:
Bahan-Bahan membuat Kue Cucur:
  1. 300 g tepung beras
  2. 30 gram tepung terigu
  3. 100 g gula pasir
  4. 150 g gula merah, disisir halus
  5. 450 ml air
  6. Minyak untuk menggoreng (secukupnya)
Cara Membuat:
  1. Pertama, didihkan air bersama gula merah, dan gula pasir lalu saring.
  2. Tuangkan air gula diatas sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras dan tepung terigu yang sudah diayak, uleni selama lebih kurang 15 menit.
  3. Selanjutnya kocok-kocok adonan dengan sendok sayur selama 20 menit, lalu diamkan selama lebih kurang 2 jam.
  4. Catatan: Untuk hasil kue maksimal, pastikan saat anda mengadoni adonan (uleni), adonan benar-benar telah kalis dan rata.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil lalu tuang satu sendok sayur adonan.
  6. Siram-siram lalu tusuk tengahnya dengan tusuk sate sampai kering.
  7. Jika sudah dianggap cukup, silahkan angkat dan sajikan.

Bagaimana sobat pecinta resep kue?, ternyata cukup mudah bukan cara membuat kue cucur khas betawi ini?, emm postingan ini membantu dan bermanfaat. Oh ya, untuk aneka informasi resep kue khas daerah lainnya silahkan baca di "Aneka Resep kue Tradisional Praktis". Sekian Terimakasih.
Baca Juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Cucur Betawi | Resep Kue Tradisional Khas

0 comments:

Post a Comment