KUMPULAN RESEP MASAKAN

Monday 31 August 2015

Resep dan Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Ala Qudapan

Cara Membuat Roti Goreng - Olahan tepung terigu memang tiada habisnya, salah satunya roti goreng yang sudah populer sejak jaman dahulu. Kelezatan rasanya memang layak diperhitungkan, apalagi dengan menggunakan bahan yang berkualitas maka dijamin siapapun pasti menyukainya dan berpotensi menimbulkan ketagihan, hehe. Bagaimana jika kita mencoba membuatnya, resep roti goreng isi coklat berikut ini cukup praktis dan tentunya lebih hemat.

Resep Roti Goreng Isi Coklat, Cara Membuat Roti Goreng
Resep Roti Goreng
Pada dasarnya roti goreng menggunakan bahan yang sama dengan roti biasa pada umumnya, pengolahan adonan juga tidak jauh berbeda. Penggunaan bahan sebaiknya menggunakan bahan-bahan pilihan agar hasilnya sesuai dengan selera, sehingga didapat hasil yang empuk dan tentunya lezat.

Bahan isian dapat kita variasikan, namun khusus untuk saat ini kita akan menggunakan coklat agar roti goreng tambah legit dan mantap. Resep dan cara membuat roti goreng ini sebetulnya adalah tradisi turun temurun, dimana orang tua jaman dulu ternyata lebih piawai dalam membuatnya, salah satunya adalah ibu saya, hehe.

Resep Roti Goreng Isi Coklat Super Lezat

Pemilihan bahan untuk membuat roti goreng sama halnya seperti membuat roti biasa, paling tidak dibutuhkan tepung terigu berprotein sedang agar hasilnya empuk. Lebih bagus lagi jika kita menggunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein tinggi seperti saat membuat roti tawar, maka hasilnya juga lebih empuk dan lebih lezat. Yuk kita berkreasi, berikut ini bahan-bahan yang perlu kita persiapkan untuk membuat roti goreng isi coklat beserta resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan Resep Roti Goreng Isi Coklat

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 100 ml susu cair
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 2 sdm margarin
  5. 1 btr telur
  6. 1 sdt ragi instan
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt garam
  9. 50 gr tepung roti
  10. 1 btr telur untuk celupan, kocok lepas

Bahan Isian

  1. 100 gr dark cooking chocolate, potong dadu
  2. 50 ml susu cair

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Spesial

  1. Sebagai langkah pertama, satukan susu cair dengan telur kemudian kocok hingga benar-benar menyatu dan sisihkan dulu.
  2. Satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, baking powder dan garam kemudian aduk rata. Tuangkan kocokan susu dan telur pada campuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata.
  3. Setelah itu, tambahkan margarin pada adonan. Aduk dan uleni hingga kalis dan tidak lengket.
  4. Tutup adonan menggunakan serbet yang dibasahi dan diamkan selama minimal satu jam.
  5. Sambil menunggu adonan mengembang, kita persiapkan isian. Panaskan susu cair dan masukkan potongan dark cooking chocolate. Aduk hingga coklat meleleh dan larut menyatu dengan susu. Jika sudah menyatu, angkat dan dinginkan.
  6. Setelah kurang lebih satu jam dan adonan roti sudah mengembang, kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bagian dengan berat masing-masing kurang lebih 25-30 gram. Untuk takaran diatas, adonan bisa dibagi menjadi 10 buah dan bentuklah menjadi bulatan-bulatan.
  7. Pipihkan adonan dan bentuklah cekungan, masukkan isian berupa coklat yang sudah kita lelehkan bersama susu cair.
  8. Tarik pinggiran adonan hingga menyatu satu sama lain kemudian bulatkan meyerupai bola. Lakukan pada semua sisa adonan.
  9. Saatnya menggoreng, celupkan adonan roti pada kocokan telur dan gulingkan pada tepung roti hingga menyelimuti seluruh permukaan adonan.
  10. Goreng hingga mengembang dan matang dengan ditandai permukaan roti yang berwarna kuning kecoklatan.
  11. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Bagaimana, cara membuat roti goreng yang satu ini ternyata cukup mudah bukan? Resep roti goreng isi coklat ini bisa kita variasikan lagi dengan sedikit kreasi. Bahan isian untuk roti goreng sebenarnya bervariasi tergantung dengan selera kita. Tidak hanya coklat, kita bisa menggunakan buah-buahan seperti pisang, stroberi, nanas dan lain sebagainya. Kita juga bisa menggunakan kacang hijau maupun sayuran dan daging untuk yang suka isian dengan rasa yang asin. Semoga bermanfaat ya!

Simak Juga Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep Jamur Crispy Renyah Aneka Rasa
Resep Stik Singkong Crispy Renyah
Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana
Resep Es Sop Buah Segar Dan Menyegarkan
Resep Kue Cornflakes Cookies Renyah
Resep Kacang Bawang Renyah Dan Gurih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Ala Qudapan

0 comments:

Post a Comment