KUMPULAN RESEP MASAKAN

Saturday 29 August 2015

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Sederhana Gurih Spesial

Resep Ayam Goreng Kremes Sederhana - Ayam goreng kremes memang mantap, kombinasi antara daging ayam yang garing dengan cita rasa gurih berpadu dengan kremesan yang juga tak kalah gurih. Menu ini cocok untuk pecinta makanan dengan dominasi rasa gurih, sehingga cocok dipadukan dengan sambal dan lalapan yang membuat selera makan menjadi lahap. Cara membuat ayam goreng kremes sederhana cukup mudah, bikin sendiri di rumah yuk !

Resep Ayam Goreng Kremes Sederhana, Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Sederhana
Resep Ayam Goreng Kremes Sederhana
Kremesan memang selalu menarik perhatian, tak hanya anak-anak namun banyak orang dewasa juga suka. Buktinya, kudapan dengan variasi dan tambahan kremesan sangat laku di pasaran seperti pisang goreng kremes, tempe goreng kremes dan juga ayam goreng kremes. Mungkin karena cita rasanya yang kuat serta tambahan kremes yang ketika dimakan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Ayam goreng kremes memiliki ekstur yang garing dengan cita rasa gurih dikarenakan bumbu yang meresap sempurna hingga kedalam daging ayam. Pantas saja, pengolahan ayam goreng kremes harus melalui beberapa tahap sehingga didapatkan hasil yang sempurna. Namun semuanya terbayarkan berkat cita rasa yang mampu memuaskan hasrat kuliner banyak orang terutama pecinta ayam goreng.

Resep Ayam Goreng Kremes Sederhana Gurih Spesial

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka daging ayam haruslah memiliki kualitas tinggi dan tidak terlalu mengandung banyak lemak. Biasanya jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung atau paling tidak ayam pejantan. Sementara untuk ayam broiler tekstur dagingnya terlalu lembek dan mengandung terlalu banyak lemak sehingga hasil akhir yang didapatkan tidak sebagus ayam pejantan apalagi ayam kampung.

Sebenarnya cara membuat ayam goreng kremes sederhana tidak terlalu sulit, secara garis besar tahapannya adalah proses perebusan daging ayam untuk meresapkan bumbu dan mendapatkan kaldu. Dan berikutnya adalah proses pengorengan untuk mematangkan ayam dan membuat ayam menjadi garing. Ingin mencoba membuatnya? Siapkan bahan-bahan berikut ini yang kita perlukan untuk membuat ayam goreng kremes spesial.

Bahan Resep Ayam Goreng Kremes Sederhana

  1. 1 ekor daging ayam kampung, bersihkan dan potong-potong
  2. 800 ml santan
  3. 2 btg serai, memarkan
  4. 2 lbr daun salam

Bumbu Halus

    1. 5 siung bawang putih
    2. 5 siung bawang merah
    3. 2 bh cabe merah, buang biji
    4. 4 btr kemiri
    5. 2 sdt ketumbar
    6. 1/2 sdt lada
    7. 2 cm jahe
    8. 2 cm lengkuas
    9. 4 cm kunyit
    10. 3 sdt garam (atau secukupnya)
    11. 4 sdt gula jawa

    Bahan Kremesan

      1. 3 sdm tepung beras
      2. 1 sdm tepung tapioka
      3. 300 ml kaldu ayam (dari rebusan ayam)

      Bahan Sambal

        1. 4 siung bawang merah
        2. 6 bh cabe rawit
        3. 2 bh cabe marah keriting
        4. 1 bh tomat
        5. 2 sdt gula jawa
        6. 1/2 sdt garam
        7. 1 sdt terasi

        Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Sederhana

        1. Satukan ayam dengan bumbu halus, serai dan daun salam. Aduk rata kalau perlu sambil diremas-remas biar bumbu tercampur merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu dapat meresap.
        2. Tuang daging ayam yang telah dibumbui kedalam wajan, nyalakan api dengan volume kecil hingga sedang dan masak ayam hingga berubah warna dan lemaknya keluar.
        3. Tuangkan santan, masak ayam dengan cara diungkep hingga matang dan volume santan berkurang. Angkat.
        4. Tiriskan daging ayam yang telah matang, sisihkan. Saring santan rebusan ayam (kaldu), ambil kira-kira 250-350 ml dan campurkan bersama dengan tepung beras dan tepung tapioka sebagai bahan kremesan.
        5. Celupkan ayam kedalam bahan kremesan dan goreng dengan cara 'deep fry' menggunakan api sedang hingga matang dan garing dengan ditandai warna daging ayam menjadi coklat keemasan. Setelah matang angkat dan lakukan cara yang sama untuk seluruh sisa daging ayam.
        6. Untuk membuat kremesan, ambil satu sendok sayur bahan kremesan dan tuang kedalam penggorengan dari jarak kurang lebih sejengkal dari permukaan minyak agar adonan kremesan pecah saat digoreng dan berbentuk seperti spons. Goreng hingga berwarna kuning keemasan dan angkat. Satukan bersama ayam goreng dan sajikan bersama dengan sambal dan lalapan.

        Membuat Sambal untuk Ayam Goreng Kremes

        1. Ulek semua bahan sambal
        2. Goreng sambal hingga matang dan berbau harum.
        3. Angkat, sajikan sebagai pelengkap ayam goreng kremes.
        Ayam goreng kremes nikmat disantap selagi hangat bersama dengan sambal dan lalapan, ditambah nasi putih hangat atau nasi uduk, mmm maknyus. Apalagi jika sambal pelengkap super pedas, dijamin nambah dan nambah. Siapapun yang doyan makan dan berwisata kuliner pastinya tidak akan sanggup melewatkan kelezatan ayam goreng kremes. Tekstur ayam yang garing dan kremesan yang kriuk berpadu dengan sambal super pedas mantap, yummy. Namun siapa sangka jika ternyata cara membuat ayam goreng kremes sederhana ini cukup mudah. Bagaimana, tertarik mencoba resep ayam goreng kremes sederhana ini di rumah? Selamat berkreasi!

        Coba Juga Resep Menarik Lainnya!

        Resep Kue Cornflakes Cookies Renyah
        Resep Kacang Bawang Renyah Dan Gurih
        Resep Es Kopyor dari Agar-Agar
        Resep Kolak Pisang Nangka Penggugah Selera
        Resep Puding Telor Ceplok Nan Cantik
        Resep Kue Talam Ubi Ungu Nan Lezat

        Share on Facebook
        Share on Twitter
        Share on Google+
        Tags :

        Related : Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Sederhana Gurih Spesial

        0 comments:

        Post a Comment