KUMPULAN RESEP MASAKAN

Sunday 30 August 2015

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana

Resep Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana - Ayam goreng yang lebih populer sebagai menu resto ini memiliki cita rasa gurih dan cenderung agak manis. Teksturnya empuk dengan bumbu yang meresap hingga kedalam daging. Jika disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat, maka dijamin penikmatnya ingin nambah dan nambah lagi, mmm yummy. Yuk kita coba membuatnya di rumah, gampang ko!

Resep Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana, Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Sederhana
Resep Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana
Cara membuat ayam goreng mentega sederhana sebetulnya tidak sulit. Resep ayam goreng mentega kecap sederhana sebenarnya sudah ada semenjak jaman dahulu, hanya saja belakangan lebih populer berkat menu-menu di restoran yang sering menawarkan ayam goreng mentega sebagai menu andalannya. Maka tak heran, popularitasnya kini kembali mencuat ke permukaan terutama di kalangan menengah ke atas yang doyan makan di restoran.

Kita juga bisa menikmati ayam goreng mentega, biarpun menjadi menu andalan restoran namun harganya cukup terjangkau lho. Atau jika kita kreatif, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan begitu, kita bisa makan sepuasnya dengan rasa yang tak kalah enak selain itu pengeluaran pun bisa diperhemat. Istilahnya rasa bintang lima namun biaya kaki lima, hehe. Apalagi cara membuat ayam goreng mentega ini cukup simpel, kalian pasti bisa cepat menguasainya.

Resep Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana Gurih Spesial

Untuk membuat ayam goreng mentega, kita tidak perlu mempersiapkan banyak bahan karena ternyata bumbu yang digunakan sangat simpel. Bahan-bahan bisa kita peroleh di pasar tradisional sekalipun, seperti kecap asin dan kecap inggris yang banyak dijual dalam kemasan botol plastik dengan berbagai merk. Cara memasaknya pun terbilang gampang, tidak memerlukan skill memasak yang hebat cukup dengan keahlian mendasar seperti saya. Berikut bahan-bahan yang perlu kita persiapkan sebelum membuat ayam goreng mentega.

Bahan Resep Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana

  1. 1 ekor ayam, bersihkan dan potong-potong
  2. 1 sdm air jeruk nipis

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. ½ sdt lada
  4. 2 sdt garam

Bahan Bumbu

  1. 4 sdm mentega untuk menumis
  2. 1 bh bawang Bombay besar, iris
  3. 4 sdm kecap manis
  4. 1 sdm kecap asin
  5. 2 sdm kecap Inggris
  6. 1 sdm air jeruk nipis
  7. garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Sederhana

  1. Lumuri daging ayam dengan bumbu halus dan air perasan jeruk nipis. Remas-remas agar bumbu dapat meresap dengan baik, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Selanjutnya, goreng daging ayam dengan cara deep fry hingga matang dan kering. Angkat dan sisihkan.
  3. Tumis bawang bombay dengan mentega hingga layu dan harum, tambahkan air jeruk nipis, kecap manis, kecap asin, kecap inggris dan garam secukupnya.
  4. Masukkan ayam goreng, aduk hingga bumbu tercampur dengan ayam dan masak hingga bumbu meresap.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Jika suka, kalian juga bisa menambahkan irisan cabe rawit untuk memperoleh cita rasa pedas yang menggugah selera. Dijamin maknyus deh, apalagi disantap hangat-hangat sehingga tekstur ayamnya masih sangat empuk.

Dengan cara membuat ayam goreng mentega sederhana sendiri di rumah, resep ayam goreng mentega kecap sederhana ini bisa kita sesuaikan sekehendak hati. Kita juga bisa menambahkan sayur-sayuran sebagai pelengkap, saya juga biasanya menambahkan cabai rawit dan tomat sebagai bumbu tambahan. Maka dijamin, lezatnya kian mantap lho. Selamat mencoba di rumah ya, you must try this at home, hehe.

Resep Menarik Lainnya yang Layak Dicoba

Resep Stik Singkong Crispy Renyah
Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana
Resep Es Sop Buah Segar Dan Menyegarkan
Resep Kue Cornflakes Cookies Renyah
Resep Kacang Bawang Renyah Dan Gurih
Resep Es Kopyor dari Agar-Agar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Kecap Sederhana

0 comments:

Post a Comment