KUMPULAN RESEP MASAKAN

Saturday 20 June 2015

Resep dan Cara Membuat Gulab Jamun, Makanan Khas India

Resep Dan Cara Membuat Gulab Jamun - Gulab jamun merupakan makanan penutup yang populer di India dan negara-negara Asia Selatan lainnya. Makanan khas ini terbuat dari susu yang dimasak dengan cara digoreng serta disajikan bersama dengan sirup gula atau sirup mawar. Dengan tekstur dan rasa yang khas, gulab jamun menjadi hidangan penutup yang diminati banyak kalangan tak terkecuali anak-anak.

Resep Membuat Gulab Jamun, Makanan India Favorit Shaheer Sheikh
sumber : www.vegrecipesofindia.com

Resep Gulab Jamun

Gulab jamun dibuat dengan cara mencampur susu bersama dengan terigu dan soda kue agar hasil akhirnya mengembang. Penggunaan terigu semata-mata hanyalah sebagai media "perekat" agar susu mudah dibentuk dan tidak hancur saat digoreng. Sehingga, penggunaan terigu dibatasi hanya sekedar pengisi adonan serta menambah tekstur agar adonan tidak terlalu lembek. Jika kebanyakan terigu, gulab jamun akan terasa seperti roti gorang dan rasa khas-nya berkurang. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan sebelum membuat gulab jamun.
Resep Membuat Gulab Jamun, Makanan India Favorit Shaheer Sheikh
sumber : www.manjulaskitchen.com

Bahan Resep Gulab Jamun

  1. 100 gr susu bubuk
  2. 25 gr tepung terigu
  3. 2 sdm yogurt
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt baking soda

Bahan Sirup Gula

  1. 100 gr gula pasir
  2. 1/4 sdt kapulaga bubuk
  3. 1 sdt air mawar
  4. 400 ml air
  5. sedikit irisan kunyit

Cara Membuat Gulab Jamun

  1. Campurkan susu bubuk, terigu, yogurt dan baking soda kedalam wadah dan uleni menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan terlalu keras maka dapat ditambahkan sedikit yogurt dan jika terlalu lembek dapat ditambahkan sedikit terigu.
  2. Buat bulatan-bulatan kecil kira-kira memiliki diameter 2-3 cm, jangan terlalu besar karena nantinya adonan akan mengembang saat digoreng. Jika adonan lengket, kita bisa menggunakan sedikit minyak pada telapak tangan.
  3. Taruh bulatan adonan kedalam baki dan tutup menggunakan kain serbet. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  4. Sementara itu, kita bisa membuat sirup gula dengan cara mencapurkan gula pasir, kapulaga bubuk, air mawar dan irisan kunyit serta air menjadi satu kedalam panci.
  5. Masak hingga mendidih dan sirup gula agak mengental karena air sedikit berkurang. Angkat dan sisihkan.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng bulatan adonan hingga mengembang dan mengapung serta berubah warna menjadi kecoklatan. Perhatikan besaran api, jika adonan tidak mengembang sempurna namun sudah berwarna kecoklatan berarti api yang kita gunakan terlalu besar.
  7. Setelah gulab jamun berwarna kecoklatan berarti tandanya matang. Angkat dan sajikan bersama sirup gula.
  8. Gulab jamun siap dinikmati.
Di negara-negara asalnya, gulab jamun merupakan hidangan penutup yang biasa disajikan setelah hidangan utama pada acara-acara makan bersama ataupun jamuan makan. Kudapan ini juga cocok dinikmati saat bersantai serta dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Bagaimana, ingin mencobanya ? Selamat berkreasi !

Coba Resep Menarik Lainnya Yuk

Resep Capcay Goreng Sederhana
Resep Nasi Goreng Oriental
Resep Bolu Gulung Panggang
Resep Kue Cubit Enak dan Empuk
Resep Brownies Kukus Coklat Keju
Resep Kepiting Saus Tiram

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep dan Cara Membuat Gulab Jamun, Makanan Khas India

0 comments:

Post a Comment