KUMPULAN RESEP MASAKAN

Saturday 20 June 2015

Resep Dan Cara Membuat Faloodeh, Minuman Khas India Dan Asia Selatan

Resep Membuat Faloodeh - Faloodeh, paloodeh atau kadang disebut juga dengan falooda merupakan kudapan yang populer di India, Pakistan, Persia dan negara-negara Asia Selatan lainnya. Bahan utama dari minuman ini merupakan penganan yang berbahan baku pati beras yang menyerupai mie berwarna putih atau sering disebut falooda sev.

Resep Dan Cara Membuat Faloodeh, Minuman Khas India Dan Asia Selatan
sumber : www.silkroadgourmet.com
Falooda sev dibuat dari adonan pati beras yang cetak dengan mengunakan mesin khusus sehingga membentuk ekstrudat berbentuk layaknya mie namun berwarna putih. Di negara kita mungkin makanan ini mirip dengan bihun (bukan sohun) baik penampilan maupun bahan pembuatnya, hanya saja penggunaannya yang berbeda.

Bahan lain yang menjadi ciri khas faloodeh adalah sirup mawar, yaitu sejenis sirup yang dibuat dari air mawar dan dididihkan bersama gula pasir hingga membentuk sirup. Sirup ini dapat diperoleh di toko oleh-oleh yang menjual penganan khas India atau negara Asia Selatan lainnya.

Resep dan Cara Membuat Faloodeh

Resep Dan Cara Membuat Faloodeh, Minuman Khas India Dan Asia Selatan
sumber : www.iliveinafryingpan.com
Faloodeh sebenarnya memiliki banyak versi, di daerah asalnya saja minuman ini tidak memiliki resep yang pasti sehingga terkadang masyarakat disana juga membuat dengan cara mengkreasikan sesuai keinginan dan selera. Jadi, jika kita membuatnya dengan versi kita sendiri itu sah-sah saja.

Falooda sev mungkin akan sulit ditemui di negara kita, untuk mensiasatinya kita bisa menggunakan bihun lokal dengan bahan yang sama dan tekstur yang hampir mirip. Sedangkan sirup mawar dapat kita beli di toko oleh-oleh atau jika sulit didapat bisa kita ganti dengan sirup cocopandan.

Bahan Membuat Faloodeh Ala Qudapan

  1. 100 gr Bihun
  2. 200 ml Susu cair
  3. 50 gr Biji mutiara
  4. 6 scoop Es krim vanila

Topping

  1. Sirup mawar atau sirup cocopandan
  2. Irisan Lemon
  3. Kismis atau cherry

Cara Membuat Faloodeh

  1. Remas bihun hingga membentuk patahan agak panjang namun jangan terlalu halus, rendam dengan menggunakan air mendidih.
  2. Biarkan hingga melunak dan tiriskan. Biarkan hingga dingin.
  3. Rebus mutiara hingga mengembang dan lunak. Tiriskan dan biarkan hingga dingin.
  4. Setelah bahan-bahan yang direbus mendingin, satukan bihun, biji mutiara dan susu cair dan aduk rata. Masukkan kedalam freezer hingga agak menggumpal namun jangan sampai membeku.
  5. Untuk menyajikannya, tambahkan es krim dan aduk rata. Bagi kedalam beberapa gelas saji (3 gelas untuk takaran yang kita gunakan sekarang).
  6. Siramkan sirup mawar diatasnya dan beri topping kismis atau cherry serta irisan lemon.
  7. Faloodeh siap dinikmati.
Di negara-negara asalnya, faloodeh memiliki banyak variasi seperti penggunaan lemon yang berupa jus dan kadang juga air sari lemon segar. Selain itu, topping yang digunakan juga bervariasi sesuai selera seperti pomegranate, kacang mete, stroberi, raspberi dan lain sebagainya. Intinya, faloodeh dapat dibuat sesuai kreasi dan selera masing-masing individu. Bagaiman, tertarik mencobanya ? Silahkan di share sekiranya bermanfaat.

Simak Juga Resep Menarik Lainnya

Resep Nasi Goreng Oriental
Resep Bolu Gulung Panggang
Resep Kue Cubit Enak dan Empuk
Resep Brownies Kukus Coklat Keju
Resep Kepiting Saus Tiram
Resep Takoyaki Jepang Sederhana

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Faloodeh, Minuman Khas India Dan Asia Selatan

0 comments:

Post a Comment