KUMPULAN RESEP MASAKAN

Wednesday 20 May 2015

Resep Membuat Kue Apem Selong Khas Surabaya

Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Surabaya - Kue apem selong merupakan jajanan tradisional khas Jawa Timur. Biasanya, kue apem selong banyak dijajakkan di pasar-pasar tradisional terutama pada pagi hari. Kue ini juga populer pada saat bulah Ramadan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Jajanan tradisional yang enak ini sekarang banyak variasinya, mulai dari bentuk, warna bahkan rasa yang dapat divariasikan sesuai selera.

Pembuatan kue apem selong sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya saja memerlukan waktu yang agak lama karena adonan menggunakan ragi instan dan memerlukan waktu inkubasi selama kurang lebih 4 jam sampai adonan siap diproses ke langkah berikutnya. Alat tambahan yang perlu kita persiapkan adalah cetakan apem selong, bisa menggunakan cetakan martabak mini atau juga cetakan kue serabi yang terbuat dari tanah liat. Dan untuk cetakan dari tanah liat dipercaya dapat menghasilkan apem selong yang bercitarasa lebih enak ketimbang yang menggunakan cetakan logam.

Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Surabaya

Resep Membuat Kue Apem Selong Khas Surabaya
Ilustrasi : ita-thediffusionofexperience.blogspot.com
Untuk membuat kue apem selong khas Surabaya yang nikmat, bahan bahan yang perlu kita persiapkan diantaranya adalah bahan utama yaitu tepung beras , gula pasir dan santan. Selain itu, kita dapat membuat variasi kue apem selong sehingga lebih cantik dan menarik perhatian, selain rasanya yang enak. Untuk itu, krestifitas masing-masing diperlukan dan tentunya disesuaikan dengan selera. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue apem selong.

Bahan Membuat Kue Apem Selong

  1. 400 ml air kelapa
  2. 2 sdm ragi instan
  3. 500 gr tepung beras
  4. 650 gr gula pasir
  5. 50 gr tepung tapioka
  6. 600 ml santan kental
  7. 4 butir telur ayam
  8. 1/2 sdt vanilli
  9. 1 sdt garam
  10. 1/2 sdt pasta pandan / stroberi dll (opsional untuk variasi)

Cara Membuat Adonan Apem Selong

  1. Campurkan ragi instan dengan air kelapa, aduk biar tercampur dan sisihkan dulu sementara.
  2. Ambil wadah dan campurkan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, garam dan vanili menjadi satu dan aduk biar tercampur.
  3. Masukkan campuran air kelapa dan ragi instan kedalam wadah yang berisi tepung, tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masukkan telur ayam dan aduk lagi hingga benar-benar tercampur merata.
  4. Masukkan santan kental kedalam adonan beserta pasta pandan (opsional sesuai selera, tidak pakai juga tidak apa-apa), aduk lagi secara merata.
  5. Karena menggunakan ragi instant sebagai pengembang, kita perlu menginkubasinya dengan cara menutup tempat adonan menggunakan palstik dan diamkan selama kurang lebih 4 jam agar adonan mengembang. Adonan yang sudah jadi ditandai dengan volume adonan yang naik(seolah menjadi banyak) dan dipenuhi dengan gelembung udara.

Cara Membuat Apem Selong

  1. Jika adonan telah siap, maka adonan bisa kita proses ke tahap selanjutnya.
  2. Siapkan cetakan dan biarkan panas diatas api sedang, jika sudah benar-benar panas tuangkan adonan kedalam cetakan.
  3. Tuangkan hingga kurang lebih sepertiga dari tinggi cetakan dan tekan-tekan agar adonan melebar ke samping dan menghasilkan peinggiran yang cantik.
  4. Biarkan adonan mengembang dalam cetakan, setelah mengembang tutuplah cetakan hingga kue apem selong matang. Cirinya, adonan yang melebar ke samping berubah warna menjadi kecoklatan.
  5. Angkat apem selong dari cetakan dan siap disajikan
Seperti itu, tidak terlalu sulit namun memerlukan kesabaran dan keuletan untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan selera. Silahkan di share seandainya tulisan mengenai resep dan cara membuat apem selong khas Surabaya ini kalian anggap bermanfaat :)

Resep Menarik Lainnya yang Perlu Kalian Coba

Resep Ikan Goreng Bumbu Rica-rica
Resep Gulai Ikan Tongkol
Resep Kwetiau Goreng Pedas Gurih
Resep Ikan Bakar Cianjur Ala Resto
Resep Sup Ikan Gurame Bening
Resep Tempe Goreng Kremes

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Apem Selong Khas Surabaya

0 comments:

Post a Comment