KUMPULAN RESEP MASAKAN

Wednesday 20 May 2015

Resep Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong (Mocaf)

Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong - Brownies kukus merupakan variasi dari kue brownies pada umumnya yang biasanya kita kenal dengan proses pembuatan dengan cara dipanggang dalam oven. Bahan yang digunakan untuk membuat kue brownies memang tidak mutlak dengan satu bahan utama saja, kita dapat memvariasikannya dengan menggunakan bahan alternatif lainnya, salah satunya tepung singkong (MOCAF : Modified Cassava Flour). Jika kita sulit untuk mendapatkan tepung mocaf, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah dan kita akan membahasnya nanti.

Pembuatan brownies kukus yang berbahan dasar tepung singkong tidaklah jauh berbeda dengan pembuatan brownies pada umumnya. Hanya saja hasil akhir yang kita dapatkan sedikit berbeda, penggunaan tepung singkong membuat tekstur brownies kukus sedikit lebih padat. Dan memang seperti itu mengingat yang kita gunakan sebagai bahan utamanya adalah tepung singkong bukan pati singkong (tapioka). Dimana untuk tepung singkong masih mengandung serat singkong utuh, disamping kandungan patinya.

Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong

Resep Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong
Ilustrasi : kumpulanresepkueonline.blogspot.com
Untuk membuat brownies kukus berbahan tepung singkong tentunya yang perlu kita persiapkan adalah tepung singkong yang bisa kita dapatkan di pasar swalayan. Harganya memang sedikit lebih tinggi dikarenakan produksinya yang belum berskala seperti tepung lain pada umumnya. Jika sulit untuk mendapatkan tepung singkong, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya ? Nanti kita bahas di halaman mengenai cara membuat tepung MOCAF. Berikut adalah bahan-bahan yang kita persiapkan.

Bahan Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong

  1. 250 gram tepung mocaf
  2. 250 gram gula pasir
  3. 50 gram coklat bubuk
  4. 25 gram susu bubuk
  5. 3 butir telur
  6. 25 gram margarin, lelehkan
  7. 125 gram dark cooking chocolate, lelehkan
  8. 1/2 sdt vanila
  9. 1 sdt cake emulsifier
  10. 1/2 sdt baking powder
  11. Coklat meises, butter cream dan keju parut untuk topping (opsional)

Cara Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong

  1. Siapkan kukusan terlebih dahulu, beri air secukupnya dan tutup rapat, biarkan mendidih dengan api sedang.
  2. Ayak tepung mocaf, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder bersama-sama agar tercampur rata dan tidak menggupal ketika dibuat adonan.
  3. Kocok telur bersama gula pasir, vanila dan cake emulsifier menggunakan mixer. Kocok sebentar saja asal gula terlarut kedalam telur dan tidak perlu sampai mengembang.
  4. Masukkan margarin dan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan dan kocok lagi sebentar menggunakan mixer.
  5. Masukkan campuran tepung yang sudak diayak sebelumnya dan aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.
  6. Siapkan loyang/cetakan dan tuang adonan hingga mendekati penuh, kukus dalam kukusan panas yang sudah kita persiapkan tadi dan tunggu kira-kira 15-20 menit.
  7. Jika sudah matang, keluarkan brownies dari cetakan dan hidangkan brownies dengan dihiasi topping butter cream, coklat meises dan keju atau sesuai selera.
Seperti itu, mudah jika kita sering berlatih dan bereksperimen. Dan memang, kue brownies kukus sebenarnya mudah untuk dibuat, kue ini tidak perlu mengembang sempurna karena sesuai dengan nama kiasannya brownies adalah cake bantat :). Demikianlah resep dan cara membuat kue brownies kukus tepung singkong ala Qudapan. Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa share bersama kawan dan saudara jika kalian menyukai tulisan ini.

Simak Resep Menarik Lainnya Yuk!

Resep Kwetiau Goreng Pedas Gurih
Resep Ikan Bakar Cianjur Ala Resto
Resep Sup Ikan Gurame Bening
Resep Tempe Goreng Kremes
Resep Es Krim Goreng Sederhana
Resep Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Brownies Kukus Tepung Singkong (Mocaf)

0 comments:

Post a Comment