KUMPULAN RESEP MASAKAN

Thursday 21 May 2015

Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF) Sebagai Bahan Baku Alternatif Berbagai Kue

Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF) - Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) merupakan alternatif bahan baku berbagai kudapan yang potensial mengingat banyaknya tersedia bahan baku singkong di negara kita. Tepung ini dapat menggantikan tepung terigu hingga 100% alias tidak memerlukan substitusi tepung lain untuk menggantikan terigu. Sebagai bahan pangan alternatif yang terbilang masih jarang, tepung singkong memiliki harga yang relatif tinggi. Keterbatasan jumlah produksi membuat tepung ini biasanya hanya dijual di beberapa gerai dan pusat perbelanjaan tertentu saja. Namun, jika kita sulit untuk mendapatkannya, kita bisa membuatnya sendiri lho !

Bagaimana caranya ? Mudah saja, kita tidak memerlukan banyak alat. Namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tepung singkong harus melalui proses pengayakan minimal  dua kali. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan tepung yang benar-benar bersih bebas dari serat kayu yang masih tertinggal pada tepung singkong. Dan juga, tepung singkong yang berkualitas tinggi menentukan hasil dari kue/penganan yang kita produksi. Tulisan ini juga sekaligus merupakan lanjutan dari pembehasan kita sebelumnya mengenai cara membuat brownies kukus menggunakan tepung singkong. Mari kita simak !

Contoh tepung MOCAF, sumber : patraperkasakaya.indonetwork.co.id

Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF) Sebagai Bahan Baku Alternatif Kue

Untuk membuat tepung singkong yang bagus, kita harus pandai memilih bahan baku singkong yang bagus pula. Seperti apa singkong yang bagus untuk dijadikan tepung singkong ? Yaitu singkong muda dan tengah memiliki pati pada jumlah yang maksimal, atau pati yang terkandung pada singkong tersebut sedang banyak-banyaknya. Seperti apa singkong yang mengandung banyak pati ? Untuk mengetahuinya dengan akurat memang perlu dilakukan beberapa test, namun sebagai patokan yang biasanya dipakai oleh orang tua jaman dahulu adalah dengan memegang potongan singkong yang diiris secara melintang dan rasakan kandungan patinya. Singkong yang mengandung banyak pati akan terasa agak licin bahkan dalam keadaan kering !

Itu tadi sekilas mengenai cara memilih singkong yang baik. Lalu jenis singkong apa yang bisa dijadikan tepung ? Sebenarnya semua singkong yang mengandung pati dapat dijadikan tepung, hanya saja ada beberapa singkong yang mengandung zat racun (kedar rendah dan tidak berbahaya) dan memerlukan proses khusus. Kita tidak akan membicarakan singkong jenis ini karena memang tidak diperjual belikan di pasar-pasar. Kita akan menggunakan singkong yang sering dijajakan di pasar tradisional sebagai bahan bakunya.

Proses Pembuatan Tepung Mocaf

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat tepung mocaf atau tepung singkong, dari yang melibatkan enzim sampai cara sederhana yang menggunakan teknik mekanis. Karena kita hanya membuat untuk skala kecil saja, kita akan menggunakan cara yang kedua, selain mudah juga murah. Berikut cara-cara membuat tepung mocaf dengan mudah.
  1. Kupas singkong dari kulitnya.
  2. Bersihkan singkong menggunakan air bersih dan pastikan lendir yang berada diantara kulit dan daging umbi juga bersih. Pembersihan bisa dilakukan dengan cara menyikat permukaan umbi singkong.
  3. Potong-potong singkong setipis mungkin, ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pengeringan nantinya.
  4. Rendam singkong dalam air bersih selama minimal 2 hari 2 malam, proses ini akan menghasilkan endapan tepung tapioka. Pisahkan tepung dan keringkan untuk keperluan berikutnya.
  5. Selama proses perendaman, air harus diganti maksimal 24 jam sekali atau lebih bagus 12 jam sekali, jika tidak hasil tepung akan menyisakan bau seperti bau singkong yang busuk terendam.
  6. Angkat singkong dari rendaman dan jemur hingga benar-benar kering dengan kadar air kurang lebih 10%, cirinya singkong mulai lapuk/rapuh.
  7. Saatnya proses penggilingan, jika tidak ada alat giling kita juga bisa menumbuknya menggunakan lumpang hanya saja prosesnya lebih lama.
  8. Ayak singkong hasil tumbukan dengan ayakan tepung, alat ini banyak dijual di toko tempat penjualan perkakas rumah tangga. Sisa ayakan dapat ditumbuk kembali sampai benar-benar halus.
  9. Satukan tepung hasil ayakan dengan tepung tapioka yang diperoleh dari hasil perendaman dan jemur kembali sampai benar-benar kering.
  10. Tepung MOCAF sudah siap digunakan, jika tidak digunakan secara langsung simpan pada wadah/plastik yang tertutup rapat.
Demikianlah cara membuat tepung singkong sebagai bahan baku alternatif untuk aneka kue dan cake. Prosesnya tidak begitu sulit kan ? hanya saja diperlukan sedikit kesabaran. Sekian dan terimakasih. Jika kalian menyukai tulisan ini dan hendak berbagi mengenai cara membuat tepung mocaf untuk alternatif bahan baku kue, silahkan di share ! Semoga bermanfaat ya !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Tepung Singkong (MOCAF) Sebagai Bahan Baku Alternatif Berbagai Kue

0 comments:

Post a Comment