KUMPULAN RESEP MASAKAN

Thursday, 15 January 2015

Resep Kue Bolu Karamel | Resep Bolu Sarang Semut Enak dan Lembut

Resep Kue Bolu Karamel | Resep Bolu Sarang Semut | Kue Bolu Karamel atau Kue Bolu Sarang Semut merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak digemeri oleh masyarakat, baik itu masyarakat lokal maupun para turis dari luar negeri, kue ini biasanya dapat dengan mudah kita jumpai dipasar-pasar tradisional dan toko-toko yang menyediakan aneka kue dan oleh-oleh. Nah, kenapa kue ini disebutnya Bolu Sarang Semut? Yah, kalau menurut saya sih karena kue ini memiliki bentuk yang memang mirip dengan sarang semut, hihiii..., sedangkan untuk citarasanya kue ini cukup memiliki citarasa manis (karamel) dengan textur lembut mengenyangkan.

Oke, bagi anda yang penasaran dan sudah tidak sabar ingin berkreasi membuat kue bolu karamel (kue bolu sarang semut) ini, berikut kami sajikan resepnya untuk anda. Selamat membaca :)
Resep Kue Bolu Karamel
Bahan-bahan untuk membuat kue bolu karamel (kue sarang semut).
  1. 180 g tepung terigu (diayak halus)
  2. 50 g tepung maizena
  3. 200 ml susu kental manis
  4. 8 btr telur ayam
  5. 425 g gula pasir
  6. 150 g margarin
  7. 2 sdt soda kue
  8. 450 ml air panas
Cara Membuat Kue Bolu Karamel Sarang Semut
  1. Pertama buat karamel terebih dahulu, caranya: masukkan gula pasir di atas wajan, lalu masak di atas api kecil hingga berwarna kecoklatan. Tuangkan air panas ke dalamnya dan biarkan mendidih hingga larut. Kemudian angkat dan dinginkan sejenak (selengkapnya baca cara membuat karamel agar lebut dan tidak gosong dibawah).
  2. Selanjutnya kocok margarin beserta susu kental manis dengan menggunkan mixer hingga lembut dan berwarna putih, lalu masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok hingga mengembang, matikan mixer.
  3. Pada adonan telur diatas, silahkan masukkan teoung terigu dan soda kue, lalu tambahkan juga tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang rata.
  4. Berikutnya tambahkan karamel yang sudah dibuat tadi (point 1) ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk-aduk hingga adonan berubah warna.
  5. Tuang adonan diatas kedalam loyang tulban (loyang cincin/ yang ditengahnya bolong) yang sebelumnya telah dioles margarin tipis agar tidak lengket.
  6. Masukkan loyang ke dalam oven dan Panggang dengan suhu 180’ selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang.
  7. Jika sudah dianggap cukup, silahkan angkat dan dinginkan. Kemudian potong-potong sesuai selera
  8. Sajikan untuk kerabat/ keluarga tercinta :)
Beberapa Tips Dalam Membuat Karamel agar Halus Dan Tidak Gosong
  1. Pilih gula pasir yang putih yang bersih, Hindari ada bahan lain pada gula, sebab campuran tersebut biasanya akan gosong lebih dulu sebelum gulanya meleleh. Ini akan menyebabkan karamel Anda terasa pahit dan teksturnya tidak halus.
  2. Jangan mengaduk gula yang sedang dilelehkan (meskipun sudah cukup meleleh), sebab akan membuat karamel Anda mengkristal. Goyang-goyangkan panci sebagai ganti mengaduk.
  3. Jangan ragu saat mengangkatnya dari kompor, karena saat karamelnya telah mencair, suhu karamel akan menjadi sangat tinggi sehingga apabila dibiarkan karamel akan cepat gosong.
  4. Setelah diangkat, masukkan air panas atau beberapa bongkah mentega, lalu goyangkan-goyangkan wadah karamel hingga tercampur seluruhnya.
  5. Selanjutnya panaskan lagi sejenak, agar campuran pada karamel tercampur rata dan sempurna.
Ingat! Pastikan air atau mentega yang dimasukkan sudah bebas dari kotoran atau cemaran lainnya agar hasil karamel Anda tetap bersih dan lembut. Selamat berkreasi....


Nah demikianlah postingan kali ini tentang "Resep Kue Bolu Karamel | Resep Bolu Sarang Semut", semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Oh ya, untuk aneka resep kue bolu lainnya silahkan baca di "Resep Kue Bolu Terbaru", jika anda ertarik dengan koleksi resep kue karamel kami lainnya silahkan baca di "Aneka Resep Kue Karamel Praktis Terbaru". Sekian Terimakasih :).

Baca Juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Bolu Karamel | Resep Bolu Sarang Semut Enak dan Lembut

0 comments:

Post a Comment