KUMPULAN RESEP MASAKAN

Sunday 24 August 2014

Resep Kue Pancake dan Cara membuat-nya | Resep Kue Kukus

Resep Kue Pancake dan Cara membuat-nya | Nama "Pancake" atau "kue pancake" tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebab kue ini sudah sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagi jajanan maupun hidangan pada acara atau party tertentu. 

Kue Pancake ini digemari oleh banyak orang karena cita rasanya yang khas dan lezat, kue ini sangat cocok dihidangkan sebagai menu sarapan pagi bersama secangkir teh hangat, namun bisa juga dijadikan santapan keluarga saat sedang berpiknik atau ber-rekreasi ke tempat wisata.
Resep Kue Pancake dan Cara membuat-nya | Resep Kue Kukus
Nah bagi anda yang penasaran dan sudah tidak sabar ingin mengetahui resep dan cara membuat kue pancake ini silahkan simak baik-baik pembahasannya berikut ini.

Resep Kue Pancake dan Cara membuat Kue Pancake
Bahan - bahan
  1. 1 butir telur ayam (putih dan kuning telur dipisah),
  2. 100 gram tepung terigu,
  3. Margarin secukupnya (sebagai olesan),
  4. 250 ml susu cair (bisa dari susu kental yang dicairkan),
  5. Es Krim (untuk topping) bisa juga diganti dengan Madu,
  6. Garam secukupnya saja,
Cara Membuat Pancake
  1. Pertama, buat adoan dengan cara mencampurkan tepung terigu, susu, kuning telur dan garam dengan menggunakan Ballon Wisk. Namun jika anda tidak memiliki Ballon Whisk, gunakan saja mixer dengan kecepatan rendah (buat adonannya serata mungkin ya).
  2. Pada wadah yang lain, kocok putih telur yang tadi disisihkan dengan kuningnya hinga kaku. Gunakan sendok/ garpu untuk melakukan hal ini.
  3. Selanjutnya, masukkan putih telur yang sudah dikocok kedalam adonan tepung (adonan pada point 1), ingat! harap hati-hati dalam mencampurkan adonan ini. Sebab jika anda tidak mahir, adonan akan menggerindil dan tidak rata. Oleh sebab itu gunakan saja teknik pancing, yaitu teknik mengambil sedikit demi sedikit putih telur mencampurkannya kedalam adonan terigu, aduk rata, kemudian tambah lagi sedikit demi sedikit (sambil terus diaduk) hingga habis.
  4. Setelah adonan tersebut selesai dan tercampur merata, sekarang saatnya mempersiapkan media pengukusan. Siapkan teflon kecil (teflon yang biasanya untuk membuat ceplok telur), olesi dengan margarin lalu panaskan dengan api kecil.
  5. Tuang adonan sekitar 2 -3 sdm ke teflon, lalu tutup sebentar. Jika sisi bawahnya dan pinggir adonan sudah telihat mengeras atau berpori silahkan balikkan sisi atasnya menjadi kebawah.
  6. Jika dikira sudah matang, silahkan angkat kue Dari teflon lalu letakkan pada wadah yang telah disediakan, kemudian masak lagi adonan lainnya hingga adonan tersebut habis.
Tips dan Saran dalam membuat kue Pancake
  1. Kunci untuk mendapatkan pancake lembut tanpa menggunakan “buttermilk” adalah pada penyatuan adonan tepung dengan putih telur (point 3 atas), jadi pada langkah ini anda harus benar-benar hati-hati dan telaten.
  2. Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis, anda bisa menambahkan gula pasir sebanyak 100 gram pada adonan.
  3. Untuk media pengukusan, jika anda tidak memiliki wajan teflon kecil (seukuran telur ceplok), anda bisa menggunakan wajan biasa atau bisa juga menggunakan cetakan (ring) yang berbentuk seperti bentuk bintang, bulat dan lain-lain, namun tentunya bentuk pancake nantinya menjadi tidak seragam.
  4. Untuk sensasi rasa yang lebih khas dan nikmat, bagian luar pancake bisa juga diolesi dengan es krim atau madu (sesuai keinginan dan selera saja).
  5. Pancake sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan pagi keluarga bersama teh hangat dan puding agar-agar (baca juga "Cara Membuat Puding Agar-agar yang Nikmat").
Bagaimana, cukup mudah bukan? Nah demikianlah postingan kali ini tentang resep pancake atau panduan lengkap cara membuat kue pancake, semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Oh ya untuk berkreasi kue-kue lainnya silahkan baca juga "Resep Kue Petah" dan "Resep Bolu Pukis". Sekian terimakasih.
Baca Juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Pancake dan Cara membuat-nya | Resep Kue Kukus

0 comments:

Post a Comment